RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan :
MI Nurul Ulum Gadungan
Kelas/
Semester : IV/ 1
Tema/
Subtema :
Indahnya Kebersamaan (1) / Keberagaman
Budaya Bangsaku (1)
Pembelajaran
Ke : 2
Alokasi
waktu : 1 hari (4 x 30
menit)
A. Kompetensi
Inti
1. Kompetensi
Inti (KI) 1:
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama
yang dianutnya.
2. Kompetensi
Inti (KI) 2:
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3. Kompetensi
Inti (KI) 3:
Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4. Kompetensi
Inti (KI) 4:
Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian
Bahasa
Indonesia
|
|
Kompetensi
Dasar:
|
|
3.1
4.1
|
Menggali
informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi
panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Mengamati, mengolah,
dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak,
energi
panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku
|
Indikator:
|
|
o
Menjelaskan persamaan antara dua
rumah adat yang disajikan
o
Menjelaskan perbedaan antara dua
rumah adat yang disajikan
|
SBdP
|
|
Kompetensi
Dasar:
|
|
3.4
4.10
|
Mengenal tari-tari
daerah dan keunikan gerakannya
Memperagakan makna
gerak ke dalam bentuk tari bertema dengan mengacu pada gaya tari daerah
berdasarkan ruang gerak
|
Indikator:
|
|
o
Menjelaskan (asal, keunikan
gerakan) salah satu tarian adat (tari kipas)
|
Matematika
|
|
Kompetensi
Dasar:
|
|
3.6
4.16
|
Mengenal sudut
siku-siku melalui pengamatan dan membandingkannya dengan sudut yang berbeda
Merepresentasikan
sudut lancip dan sudut tumpul dalam bangun datar
|
Indikator:
|
|
o
Membedakan jenis sudut lancip,
tumpul, dan siku-siku
o
Mengukur besar sudut dengan menggunakan
busur
o
Mendeskripsikan bentuk-bentuk sudut
|
C. Tujuan
Pembelajaran
1.
Setelah membaca teks dan mengamati
gambar, peserta didik mampu menjelaskan perbedaan antara dua rumah adat dengan
benar.
2.
Setelah membaca teks dan mengamati
gambar, peserta didik mampu menjelaskan persamaan antara dua rumah adat dengan
benar.
3.
Setelah bereksplorasi, peserta didik
mampu membedakan jenis sudut lancip, tumpul, dan siku-siku dengan benar.
4.
Setelah bereksplorasi, peserta didik
mampu mengukur besar sudut dengan menggunakan busur dengan benar.
5.
Setelah membaca teks dan berdiskusi, peserta
didik mampu menjelaskan (asal, keunikan gerakan) salah satu tarian adat (tari kipas)
dengan benar.
D. Materi
Pembelajaran
Rumah adat (Rumah Panjang dan Rumah
Lontik), jenis-jenis sudut (lancip, siku-siku, tumpul), mengukur sudut, tari kipas
pakarena
E. Metode
Pembelajaran
Pendekatan saintifik, demonstrasi, diskusi
F. Media,
Alat/Bahan, dan Sumber Pembelajaran
Alat/
bahan: busur, penggaris, dan benang
G. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
o
Guru memberi salam
o
Salah satu peserta didik memimpin
doa bersama
o
Guru mengabsen peserta didik
o
Guru menyampaikan tema, subtema,
dan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari
|
10
menit
|
Inti
|
Mengamati
o
Peserta didik membaca teks tentang rumah adat dan
mengamati bentuknya
o
Peserta didik memperhatikan benda, misalnya buku,
meja,dan papan tulis yang ditunjukkan guru
o
Guru menunjukkan cara menghitung besar sudut benda
di depan kelas untuk membuktikan jenis sudut pada benda dengan menggunakan
busur. (Penilaian no. 1)
o
Peserta didik membaca dan menjawab pertanyaan
berdasarkan teks tarian tradisional. (Penilaian no. 4)
Menanya
o
Untuk membangkitkan rasa ingin tahu peserta didik
terhadap materi yang akan dipelajari, guru memberikan pertanyaan klasikal
sebagai berikut:
-
Pernahkah kamu melihat rumah adat?
-
Tahukah kamu bahwa rumah adat mencerminkan ciri
khas suatu tempat?
o
Untuk melatih daya analisis dan kemampuan
bernalar, guru memberikan pertanyaan
tambahan:
-
Mengapa bentuk atap sebuah rumah memiliki besar
sudut yang berbeda?
-
Apa pengaruhnya? (Penilaian no. 2)
Peserta didik menerka jenis sudut pada
benda itu
Eksplorasi/
Eksperimen
o
Peserta didik mencari persamaan dan perbedaan dari
dua rumah adat yang disediakan. (Penilaian no. 3)
o
Peserta didik menemukan sudut lancip, tumpul, dan siku-siku. Peserta
didik menunjukkan jawabannya dengan cara melingkari sudut yang dimaksud dan
memberinya nama.
o
Peserta didik mencari 5 benda yang ada di sekitar
mereka dan mengisi tabel (sesuai yang tertera pada buku peserta didik)
Mengasosiasi
o
Peserta didik saling mengonfirmasi jawaban dengan
pasangannya. Guru memberikan penguatan terhadap jawaban-jawaban peserta didik
Peserta didik
menerka besar dan jenis sudut (sudut lancip, tumpul, dan siku-siku) sesuai
dengan benda yang mereka pilih. Peserta didik kemudian mengurutkan
benda-benda tersebut berdasarkan besar sudut (bisa mulai dari yang terkecil
hingga yang terbesar atau sebaliknya)
o
Peserta didik bisa mencoba gerakan tarian tersebut
dengan bimbingan guru.
Mengkomunikasikan
o
Peserta didik membuktikan jenis sudut pada setiap
benda dengan cara mengukur besar sudut tiap benda dengan menggunakan busur
dan memeriksa sejauh mana terkaan mereka benar
o
Bersama teman kelompoknya, peserta didik menemukan
gerakan-gerakan beserta jenis-jenis sudut yang dihasilkannya. Gambar harus
memuat ketiga jenis sudut dan menyebutkan besarannya
|
90
menit
|
Penutup
|
o
Peserta didik menjawab pertanyaan perenungan yang
ada pada buku peserta didik
o
Peserta didik diberi penguatan
tentang materi yang telah dipelajari
o
Guru memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah
diikuti
o
Guru menyampaikan tugas
“Kerjasama dengan orangtua”
o
Guru menginformasikan rencana
kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
o
Guru dan peserta didik berdoa
bersama
|
20
menit
|
H. Penilaian
Penilaian
1
Daftar
periksa untuk sudut dalam gambar gerakan dan mengukur sudut. (Matematika)
No.
|
Nama
|
Pemahaman
sudut lancip, tumpul,
dan
siku-siku
|
Mengukur
sudut
|
1
|
Adinda
Hidayatur R
|
|
|
2
|
Moh
Bahtiyar Rifa’i
|
|
|
3
|
Much
Zainul Abror
|
|
|
4
|
Syaida
Ba’isatul U
|
|
|
Ø Tulis
angka 1 jika peserta didik dapat menerapkan pemahaman sudut lancip, tumpul, dan
siku-siku dalam gambar; mengukur sudut
dengan tepat
Ø Tulis
angka 0 jika peserta didik belum mampu menerapkan pemahaman sudut lancip, tumpul,
dan siku-siku dalam gambar; mengukur
sudut dengan tepat
Penilaian
2
Rubrik
Diskusi
Kriteria
|
Bagus sekali
|
Cukup
|
Berlatih lagi
|
Mendengarkan
|
Selalu mendengarkan teman yang sedang
berbicara
(3)
|
Mendengarkan teman
yang berbicara namun
sesekali masih perlu diingatkan
(2)
|
Masih perlu diingatkan untuk
mendengarkan teman yang sedang berbicara
(1)
|
Komunikasi nonverbal (kontak mata,
bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)
|
Merespons dan menerapkan komunikasi
nonverbal dengan tepat
(3)
|
Merespons dengan tepat terhadap
komunikasi
nonverbal yang
ditunjukkan teman
(2)
|
Membutuhkan
bantuan dalam
memahami bentuk
komunikasi nonverbal
yang ditunjukkan
teman
(1)
|
Partisipasi
(menyampaikan
ide, perasaan,
pikiran)
|
Isi pembicaraan
menginspirasi
teman.
Selalu mendukung dan
memimpin lainnya saat
diskusi
(3)
|
Berbicara dan
menerangkan secara
rinci, merespons
sesuai
dengan topik
(2)
|
Jarang berbicara
selama proses diskusi
berlangsung
(1)
|
Keruntutan
berbicara
|
Menyampaikan
pendapatnya secara
runtut dari awal
hingga
akhir
(3)
|
Menyampaikan
pendapatnya secara
runtut, tetapi belum
konsisten
(2)
|
Masih perlu berlatih
untuk berbicara
secara runtut
(1)
|
Catatan :
Centang (√) pada bagian yang memenuhi
kriteria.
Penilaian : total nilai
x 10
12
No.
|
Nama
|
Mendengarkan
|
Komunikasi
nonverbal
|
Partisipasi
|
Keruntutan
berbicara
|
1
|
Adinda
Hidayatur R
|
|
|
|
|
2
|
Moh
Bahtiyar Rifa’i
|
|
|
|
|
3
|
Much
Zainul Abror
|
|
|
|
|
4
|
Syaida
Ba’isatul U
|
|
|
|
|
Penilaian
3
Daftar
periksa untuk perbedaan dan persamaan dalam rumah adat. (Bahasa Indonesia)
No.
|
Nama
|
Menuliskan dua perbedaan rumah adat
|
Menuliskan satu persamaan
rumah
adat
|
1
|
Adinda
Hidayatur R
|
|
|
2
|
Moh
Bahtiyar Rifa’i
|
|
|
3
|
Much
Zainul Abror
|
|
|
4
|
Syaida
Ba’isatul U
|
|
|
Ø Tulis
angka 1 jika peserta didik sudah mampu menuliskan dua perbedaan rumah adat;
satu persamaan rumah adat
Ø Tulis
angka 0 jika peserta didik belum mampu menuliskan dua perbedaan rumah adat;
satu persamaan rumah adat
Penilaian
4
Lembar
kerja menjawab pertanyaan dalam teks dinilai dengan nilai angka. (SBdP)
1.
Apa yang kamu ketahui tentang tari kipas
pakarena?
(Tari kipas pakarena merupakan
kesenian tari yang berasal dari Gowa, Sulawesi Selatan. Tarian ini sudah
menjadi tradisi di kalangan masyarakat Gowa yang merupakan bekas Kerajaan Gowa)
2.
Bagaimana makna gerakan dalam tari kipas
pakarena?
(Makna gerakan tari kipas pakarena,
seperti gerakan berputar searah jarum jam, melambangkan siklus hidup manusia.
Gerakan naik turun mencerminkan roda kehidupan yang kadang berada di bawah dan
kadang di atas. Cara menari yang lembut mencerminkan karakter perempuan Gowa
yang sopan, setia, patuh, dan hormat. Secara keseluruhan gerakan tari ini
mengungkapkan rasa syukur)
3.
Menurutmu, apakah tarian kipas pakarena
sudah dikenal secara luas?
Berikan idemu agar tari kipas
pakarena dapat dikenal oleh masyarakat dunia!
Penilaian 5
Penilaian Sikap (toleransi,
rasa ingin tahu, dan teliti).
No.
|
Nama
|
Toleransi
|
Rasa ingin tahu
|
Teliti
|
Keterangan
|
1
|
Adinda
Hidayatur R
|
|
|
|
|
2
|
Moh
Bahtiyar R
|
|
|
|
|
3
|
Much
Zainul Abror
|
|
|
|
|
4
|
Syaida
Ba’isatul U
|
|
|
|
|
Tulis
angka 3 jika sikap tersebut sudah terlihat/ membudaya pada diri peserta didik
Tulis
angka 2 jika sikap tersebut mulai berkembang pada diri peserta didik
Tulis
angka 1 jika sikap tersebut mulai terlihat pada diri peserta didik
Tulis
angka 0 jika sikap tersebut belum terlihat pada diri peserta didik
Kerjasama
dengan orangtua
Siswa
menemukan sudut sebanyak-banyaknya di lingkungan sekitar rumah dan mengelompokkannya
ke dalam sudut lancip, tumpul, dan siku-siku. Hasil kegiatan ini diperlihatkan
kepada guru.
I. Rencana
Tindak Lanjut (RTL)
Pengayaan
Peserta didik mencari sudut siku-siku di sekitarnya
dan membuktikan dengan cara yang berbeda-beda.
Remedial
Bagi
peserta didik yang belum memiliki keterampilan menggunakan busur, guru dapat
melatih mereka di luar jam pelajaran. Peserta didik mengukur besar sudut dari
soal-soal yang disiapkan oleh guru.
Contoh:
Ukur sudut pada gambar
-
Guru memperhatikan cara peserta didik
menggunakan busur.
-
Kegiatan dilakukan selama 30 menit
Kepala Madrasah
Juni Arifin, S.Pd.
|
Gandusari, Juli 2014
Guru Kelas IV
Siti Fatimah, S.Pd.I.
|
Lampiran
1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar