RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan :
MI Nurul Ulum Gadungan
Kelas/
Semester : IV/ 1
Tema/
Subtema :
Indahnya Kebersamaan (1) / Keberagaman
Budaya Bangsaku (1)
Pembelajaran
Ke : 3
Alokasi
waktu : 1 hari (4 x 30
menit)
A. Kompetensi
Inti
1. Kompetensi
Inti (KI) 1:
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama
yang dianutnya.
2. Kompetensi
Inti (KI) 2:
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3. Kompetensi
Inti (KI) 3:
Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4. Kompetensi
Inti (KI) 4:
Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian
PPKn
|
|
Kompetensi
Dasar:
|
|
3.1
3.4
4.1
|
Memahami makna dan
keterkaitan simbol-simbol sila Pancasila dalam memahami Pancasila secara utuh
Memahami arti bersatu
dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat
Mengamati dan
menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dari sudut pandang kelima
simbol Pancasila sebagai satu kesatuan yang utuh
|
Indikator:
|
|
o
Menuliskan makna dari tiap sila Pancasila dalam
bentuk peta pikiran
o
Menjelaskan perilaku yang sesuai dengan sila-sila
Pancasila dalam bentuk tulisan
o
Mendesain poster tentang persatuan
|
PJOK
|
|
Kompetensi
Dasar:
|
|
3.2
4.1
|
Memahami pengaruh
aktivitas fisik dan istirahat terhadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh
Mempraktikkan
kombinasi gerak dasar untuk membentuk gerakan dasar atletik jalan dan lari
yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan atau tradisional
|
Indikator:
|
|
o
Mempraktikkan permainan tradisional dengan teknik
bermain yang benar
|
IPS
|
|
Kompetensi
Dasar:
|
|
3.5
4.5
|
Memahami manusia
dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
Menceritakan manusia
dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
|
Indikator:
|
|
o
Menjelaskan nilai-nilai yang dipelajari pada saat
mempraktikkan permainan tradisional yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan
sehari-hari
|
C. Tujuan
Pembelajaran
1. Setelah
memperhatikan penjelasan guru, peserta didik mampu mempraktikkan permainan
tradisional dengan teknik bermain yang benar.
2. Setelah
mempraktikkan permainan tradisional, peserta didik mampu menjelaskan
nilai-nilai yang dipelajari, yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan
sehari-hari dengan benar.
3. Setelah
membaca teks dan berdiskusi peserta didik mampu menuliskan makna dari tiap sila
Pancasila dalam bentuk peta pikiran dengan benar.
4. Setelah
berdiskusi peserta didik mampu menjelaskan perilaku yang sesuai dengan
sila-sila Pancasila dalam bentuk tulisan dengan benar.
5. Setelah
berdiskusi, peserta didik mampu membuat poster tentang keberagaman dengan
benar.
D. Materi
Pembelajaran
Permainan tradisional (Benteng dan
Gobak Sodor), Pancasila, poster
E. Metode
Pembelajaran
Pendekatan saintifik, permainan, diskusi
F. Media,
Alat/Bahan, dan Sumber Pembelajaran
Beberapa
poster dan tempat untuk bermain Gobak sodor atau Benteng
G. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
o
Guru memberi salam
o
Salah satu peserta didik memimpin
doa bersama
o
Guru mengabsen peserta didik
o
Guru menyampaikan tema, subtema,
dan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari
|
10
menit
|
Inti
|
Mengamati
o
Guru mengenalkan berbagai jenis
permainan tradisional yang ada pada buku peserta didik (nama, asal permainan, dan cara bermain).
(Penilaian no. 1)
o
Sebelum mengajak peserta didik bermain, guru
membaca dengan saksama teks permainan tradisional
o
Peserta didik dalam kelompok kecil diminta untuk
mengamati contoh poster yang ada pada buku peserta didik
o
Peserta didik diarahkan untuk mengamati poster
sesuai dengan harapan dengan menjawab pertanyaan yang ada pada buku peserta
didik
o
Peserta didik diberi penjelaskan kriteria poster
yang baik Penilaian no. 3)
Menanya
o
Untuk membangkitkan rasa ingin
tahu peserta didik terhadap materi yang akan dipelajari, guru memberikan
pertanyaan klasikal sebagai berikut:
-
Permainan tradisional apa yang
ada di daerahmu? Bagaimana cara memainkannya?
-
Apakah nilai-nilai dalam
permainan tersebut sesuai dengan sila-sila Pancasila?
-
Apakah kamu pernah melihat
poster? Dimana?
Eksplorasi/
Eksperimen
o
Peserta didik membuat poster dengan tema “Walaupun
Berbeda-beda, Kita adalah Satu”
Mengasosiasi
o
Setelah kegiatan bermain, peserta didik bersama
guru berdiskusi tentang kegiatan permainan yang telah dilakukan
o
Peserta didik menganalisis makna sila-sila dari Pancasila dengan
menganalisis gambar dan membaca teks
o
Peserta didik diajak untuk menghubungkan hal-hal
baik yang didapatkan dari permainan dengan nilai-nilai Pancasila
Mengkomunikasikan
o
Peserta didik menulis cerita
tentang pengalamannya bermain salah satu permainan tradisional
o
Peserta didik mengemukakan hasil diskusi kelompok.
Peserta didik dalam kelompok lain memberikan tanggapan
|
90
menit
|
Penutup
|
o
Peserta didik diberi penguatan tentang pentingnya
memiliki kebanggaan menjadi anak Indonesia
o
Peserta didik menjawab pertanyaan perenungan yang
ada pada buku peserta didik
o
Guru memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah
diikuti
o
Guru menyampaikan tugas
“Kerjasama dengan orangtua”
o
Guru menginformasikan rencana
kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
o
Guru dan peserta didik berdoa
bersama
|
20
menit
|
H. Penilaian
Penilaian
1
Kegiatan
mempraktikkan permainan tradisional dinilai dengan menggunakan daftar periksa.
(PJOK)
No.
|
Nama
|
Bermain gobak
sodor dan galasin
dengan aturan
yang benar
|
Bekerja
sama dengan temannya saat bermain
|
1
|
Adinda
Hidayatur R
|
||
2
|
Moh
Bahtiyar Rifa’i
|
||
3
|
Much
Zainul Abror
|
||
4
|
Syaida
Ba’isatul U
|
Ø Tulis
angka 1 jika peserta didik mampu bermain gobak sodor dan galasin dengan aturan
yang benar; bekerja sama dengan temannya saat bermain
Ø Tulis
angka 0 jika peserta didik belum mampu bermain gobak sodor dan galasin dengan
aturan yang benar; bekerja sama dengan temannya saat bermain
Penilaian
2
Kegiatan
menuliskan pengalaman dinilai dengan daftar periksa. (IPS)
No.
|
Nama
|
Menuliskan
aturan permainan
|
Menuliskan
cara permainan
|
Menuliskan
strategi permainan
|
Menjelaskan
nilai-nilai
|
1
|
Adinda
Hidayatur R
|
||||
2
|
Moh
Bahtiyar Rifa’i
|
||||
3
|
Much
Zainul Abror
|
||||
4
|
Syaida
Ba’isatul U
|
Ø Tulis
angka 1 jika peserta didik mampu menuliskan aturan permainan dengan benar;
menuliskan cara permainan dengan benar; mampu menuliskan strategi permainan
dengan benar; menjelaskan nilai-nilai yang dipelajari pada saat mempraktikkan
permainan tradisional serta manfaatnya dengan benar
Ø Tulis
angka 0 jika peserta didik belum mampu menuliskan aturan permainan dengan
benar; menuliskan cara permainan dengan
benar; menuliskan strategi permainan dengan benar; menjelaskan nilai-nilai yang
dipelajari pada saat mempraktikkan permainan tradisional serta manfaatnya
dengan benar
Penilaian
3
Unjuk
kerja
Kegiatan
membuat poster dinilai dengan rubrik (PPKn)
Kriteria
|
Bagus sekali
|
Bagus
|
Cukup
|
Berlatih lagi
|
Bahasa
|
Peserta
didik dapat membuat
dan
menggunakan
bahasa
ajakan yang
tepat
dan informatif,
serta
mandiri saat
mengerjakannya
(4)
|
Peserta
didik dapat membuat
dan
menggunakan
bahasa
ajakan yang
tepat
dan informatif,
namun
belum
sepenuhnya
mandiri saat
mengerjakannya
(3)
|
Peserta
didik dapat membuat
dan
menggunakan bahasa
ajakan
yang tepat, namun
belum
informatif dan
belum
sepenuhnya mandiri
saat
mengerjakannya.
(2)
|
Peserta
didik belum dapat
membuat
dan
menggunakan
bahasa
ajakan
yang tepat dan
belum
informatif serta
belum
mandiri saat
mengerjakannya.
(1)
|
Gambar
|
Peserta
didik dapat membuat
gambar
yang sesuai
dengan
kalimat yang
dibuat
serta ukuran
yang
seimbang dengan
bidang
kertas
(4)
|
Peserta
didik dapat membuat gambar yang sesuai
dengan
kalimat yang
dibuatnya,
namun ukuran
gambar
masih belum
sesuai
dengan bidang
kertas
(3)
|
Peserta
didik belum dapat
membuat
gambar yang
sesuai
dengan kalimat
yang
dibuat, walaupun
ukuran
gambar sesuai
dengan
bidang kertas
(2)
|
Peserta
didik belum dapat
membuat
gambar yang sesuai dengan kalimat yang dibuat serta ukuran gambar belum
sesuai dengan bidang kertas.
(1)
|
Kerapian
|
Peserta
didik dapat menuliskan
dan
mewarnai gambar
dengan
rapi serta
menarik
dan dapat
menjaga
kebersihan
kertas
kerja
(2)
|
Peserta
didik dapat menuliskan
dengan
rapi dan
mewarnai
gambar tidak
melebihi
garis gambar,
namun
dalam menjaga
kebersihan
kertas kerja
belum
maksimal (kotor
dan
ada coretan)
(1,5)
|
Peserta
didik dapat menulis
dengan
rapi, namun dalam
mewarnai
belum rapi dan
kebersihan
kertas kerja
belum
terjaga
(1)
|
Peserta
didik belum dapat
menulis
dengan rapi dan dalam mewarnainya pun
masih
melebihi garis
gambar
serta kebersihan kertas kerja belum terjaga.
(0,5)
|
Catatan :
Centang (√) pada bagian yang memenuhi
kriteria.
Penilaian : total
nilai x 10
10
No.
|
Nama
|
Bahasa
|
Gambar
|
Kerapian
|
1
|
Adinda
Hidayatur R
|
|||
2
|
Moh
Bahtiyar Rifa’i
|
|||
3
|
Much
Zainul Abror
|
|||
4
|
Syaida
Ba’isatul U
|
Penilaian
4
Penilaian sikap
(toleransi, tekun, dan teliti)
No.
|
Nama
|
Toleransi
|
Tekun
|
Teliti
|
Keterangan
|
1
|
Adinda
Hidayatur R
|
||||
2
|
Moh
Bahtiyar R
|
||||
3
|
Much
Zainul Abror
|
||||
4
|
Syaida
Ba’isatul U
|
Tulis
angka 3 jika sikap tersebut sudah terlihat/ membudaya pada diri peserta didik
Tulis
angka 2 jika sikap tersebut mulai berkembang pada diri peserta didik
Tulis
angka 1 jika sikap tersebut mulai terlihat pada diri peserta didik
Tulis
angka 0 jika sikap tersebut belum terlihat pada diri peserta didik
I. Rencana
Tindak Lanjut (RTL)
Pengayaan
Poster karya peserta didik dapat dipamerkan di
lingkungan sekolah untuk kebutuhan kampanye tentang keberagaman.
Remedial
-
Kepala Madrasah
Juni Arifin, S.Pd.
|
Gandusari, Juli 2014
Guru Kelas IV
Siti Fatimah, S.Pd.I.
|
Lampiran 1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar