RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan :
MI Nurul Ulum Gadungan
Kelas/
Semester : IV/ 1
Tema/
Subtema :
Indahnya Kebersamaan (1) / Keberagaman
Budaya Bangsaku (1)
Pembelajaran
Ke : 4
Alokasi
waktu : 1 hari (4 x 30
menit)
A. Kompetensi
Inti
1. Kompetensi
Inti (KI) 1:
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama
yang dianutnya.
2. Kompetensi
Inti (KI) 2:
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3. Kompetensi
Inti (KI) 3:
Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4. Kompetensi
Inti (KI) 4:
Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian
PPKn
|
|
Kompetensi
Dasar:
|
|
3.1
4.1
|
Memahami makna dan
keterkaitan simbol-simbol sila Pancasila dalam memahami Pancasila secara utuh
Mengamati dan
menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dari sudut pandang kelima
simbol Pancasila sebagai satu kesatuan yang utuh
|
Indikator:
|
|
o
Menceritakan pengalaman
mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
|
IPS
|
|
Kompetensi
Dasar:
|
|
3.5
4.5
|
Memahami manusia dalam
dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
Menceritakan manusia
dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
|
Indikator:
|
|
o
Menceritakan pengalamannya
menjaga keharmonisan hubungan dengan teman sebagai pengamalan nilai-nilai
Pancasila
|
IPA
|
|
Kompetensi
Dasar:
|
|
3.5
4.4
|
Memahami sifat-sifat
bunyi melalui pengamatan dan keterkaitannya dengan indra pendengaran
Menyajikan hasil
percobaan atau observasi tentang bunyi
|
Indikator:
|
|
o
Menjelaskan sumber bunyi dalam bentuk tulisan
o
Membandingkan bunyi yang
dihasilkan oleh benda yang bergetar
|
C. Tujuan
Pembelajaran
1. Setelah
membaca teks dan bereksplorasi dengan benda-benda sekitar, peserta didik dapat
menjelaskan sumber bunyi dalam bentuk tulisan.
2. Setelah
bereksplorasi dengan benda-benda sekitar, peserta didik dapat membandingkan
bunyi yang dihasilkan oleh benda yang bergetar.
3. Setelah
berdiskusi peserta didik dapat menceritakan pengalamannya mengamalkan
nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
D. Materi
Pembelajaran
Sumber bunyi, jenis-jenis alat
musik, sila-sila Pancasila
E. Metode
Pembelajaran
Pendekatan saintifik, diskusi
F. Media,
Alat/Bahan, dan Sumber Pembelajaran
Berbagai
jenis benda yang menghasilkan bunyi seperti botol, sendok, tutup panci, dan lain-lain
G. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
o
Guru memberi salam
o
Salah satu peserta didik memimpin
doa bersama
o
Guru mengabsen peserta didik
o
Guru menyampaikan tema, subtema,
dan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari
|
10
menit
|
Inti
|
Mengamati
o
Peserta didik membaca dan
memahami informasi teks tentang Alat Musik Tradisional
o
Berdasarkan pengetahuan yang
didapat dari teks bacaan, peserta didik diminta menyebutkan alat musik yang
diketahuinya serta cara memainkan alat tersebut
o
Guru menyiapkan benda-benda yang
dibunyikan dengan cara:
1. Ditiup: peluit
2. Digesek: sisir
3. Dipetik: karet
4. Ditekan: mainan anak
o
Peserta didik mengamati tabel dan
mengambil kesimpulan dari kegiatan yang dilakukan
o
Peserta didik dikenalkan dengan
konsep harmoni dalam bermusik
Menanya
o
Guru membantu peserta didik untuk menemukan
kesimpulan yang sesuai harapan dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan
seperti:
a. Apakah semua benda yang kalian amati
memiliki bunyi?
b. Dengan cara apakah benda itu dapat
berbunyi?
c. Apa yang
kalian rasakan pada kulit kalian saat kalian membuat benda itu berbunyi?
d. Apa yang kalian simpulkan dari kegiatan
ini? (Penilaian no. 1)
Eksplorasi/
Eksperimen
o
Peserta didik bereksplorasi
dengan berbagai sumber bunyi dari benda-benda di sekitar. Hasil eksplorasi
dituliskan pada tabel pada buku peserta didik
o
Guru mengelompokkan peserta didik berdasarkan cara
membunyikan benda
o
Guru menyiapkan benda-benda dari
peralatan dapur atau lainnya
o
Guru membimbing peserta didik
bermain musik dengan alat-alat yang ada. Guru mengajak peserta didik menyanyikan
lagu yang dikenal dengan iringan musik buatan
Mengasosiasi
o
Peserta didik mendikusikan makna
harmoni dalam kehidupan sehari-hari
o
Peserta didik mendiskusikan
manfaat mengaplikasikan sikap harmoni dalam kehidupan berbangsa dan bertanah
air (persatuan dalam keberagaman). (Penilaian no. 3)
Mengkomunikasikan
o
Peserta didik menceritakan sikap
harmoni dengan makna yang terkandung dalam sila Pancasila. (Penilaian no. 2)
|
90
menit
|
Penutup
|
o
Peserta didik diberi penguatan tentang pentingnya
memiliki kebanggaan menjadi anak Indonesia
o
Peserta didik menjawab pertanyaan perenungan yang
ada pada buku peserta didik
o
Guru memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah
diikuti
o
Guru menyampaikan tugas
“Kerjasama dengan orangtua”
o
Guru menginformasikan rencana
kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
o
Guru dan peserta didik berdoa
bersama
|
20
menit
|
H. Penilaian
Penilaian
1
Daftar
periksa eksplorasi benda yang menghasilkan bunyi. (IPA)
No.
|
Nama
|
Menyebutkan 5
benda yang menghasilkan bunyi
|
Menyebutkan cara menghasilkan bunyi dari 5 benda yang
diminta
|
1
|
Adinda
Hidayatur R
|
|
|
2
|
Moh
Bahtiyar Rifa’i
|
|
|
3
|
Much
Zainul Abror
|
|
|
4
|
Syaida
Ba’isatul U
|
|
|
Ø Tulis
angka 1 jika peserta didik mampu menyebutkan 5 benda yang menghasilkan bunyi; menyebutkan cara menghasilkan bunyi dari 5 benda yang
diminta
Ø Tulis
angka 0 jika peserta didik belum mampu menyebutkan 5 benda yang menghasilkan
bunyi; menyebutkan cara menghasilkan
bunyi dari 5 benda yang diminta
Penilaian
2
Daftar
periksa cerita pengamalan nilai-nilai Pancasila. (IPS dan PPKn)
No.
|
Nama
|
Isi
cerita sesuai dengan tema
|
Isi
cerita dihubungkan dengan pengamalan nilai-nilai Pancasila
|
1
|
Adinda
Hidayatur R
|
|
|
2
|
Moh
Bahtiyar Rifa’i
|
|
|
3
|
Much
Zainul Abror
|
|
|
4
|
Syaida
Ba’isatul U
|
|
|
Ø Tulis
angka 1 jika isi cerita sesuai dengan tema; isi cerita dihubungkan dengan
pengamalan nilai-nilai Pancasila
Ø Tulis
angka 0 jika isi cerita tidak sesuai dengan tema; isi cerita tidak dihubungkan
dengan pengamalan nilai-nilai Pancasila
Penilaian
3
Rubrik
Diskusi
Kriteria
|
Bagus sekali
|
Cukup
|
Berlatih lagi
|
Mendengarkan
|
Selalu mendengarkan teman yang sedang
berbicara
(3)
|
Mendengarkan teman
yang berbicara namun
sesekali masih perlu diingatkan
(2)
|
Masih perlu diingatkan untuk
mendengarkan teman yang sedang berbicara
(1)
|
Komunikasi nonverbal (kontak mata,
bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)
|
Merespons dan menerapkan komunikasi
nonverbal dengan tepat
(3)
|
Merespons dengan tepat terhadap
komunikasi
nonverbal yang
ditunjukkan teman
(2)
|
Membutuhkan
bantuan dalam
memahami bentuk
komunikasi nonverbal
yang ditunjukkan
teman
(1)
|
Partisipasi
(menyampaikan
ide, perasaan,
pikiran)
|
Isi pembicaraan
menginspirasi
teman.
Selalu mendukung dan
memimpin lainnya saat
diskusi
(3)
|
Berbicara dan
menerangkan secara
rinci, merespons
sesuai
dengan topik
(2)
|
Jarang berbicara
selama proses diskusi
berlangsung
(1)
|
Keruntutan
berbicara
|
Menyampaikan
pendapatnya secara
runtut dari awal
hingga
akhir
(3)
|
Menyampaikan
pendapatnya secara
runtut, tetapi belum
konsisten
(2)
|
Masih perlu berlatih
untuk berbicara
secara runtut
(1)
|
Catatan :
Centang (√) pada bagian yang memenuhi
kriteria.
Penilaian : total nilai
x 10
12
No.
|
Nama
|
Mendengarkan
|
Komunikasi
nonverbal
|
Partisipasi
|
Keruntutan
berbicara
|
1
|
Adinda
Hidayatur R
|
|
|
|
|
2
|
Moh
Bahtiyar Rifa’i
|
|
|
|
|
3
|
Much
Zainul Abror
|
|
|
|
|
4
|
Syaida
Ba’isatul U
|
|
|
|
|
Penilaian
4
Penilaian sikap
(toleransi, tekun, dan teliti)
No.
|
Nama
|
Toleransi
|
Tekun
|
Teliti
|
Keterangan
|
1
|
Adinda
Hidayatur R
|
|
|
|
|
2
|
Moh
Bahtiyar R
|
|
|
|
|
3
|
Much
Zainul Abror
|
|
|
|
|
4
|
Syaida
Ba’isatul U
|
|
|
|
|
Tulis
angka 3 jika sikap tersebut sudah terlihat/ membudaya pada diri peserta didik
Tulis
angka 2 jika sikap tersebut mulai berkembang pada diri peserta didik
Tulis
angka 1 jika sikap tersebut mulai terlihat pada diri peserta didik
Tulis
angka 0 jika sikap tersebut belum terlihat pada diri peserta didik
I. Rencana
Tindak Lanjut (RTL)
Pengayaan
Pada saat istirahat, peserta didik dapat bermain
musik dengan menggunakan benda-benda di sekitar sekolah
Remedial
-
Kepala Madrasah
Juni Arifin, S.Pd.
|
Gandusari, Juli 2014
Guru Kelas IV
Siti Fatimah, S.Pd.I.
|
Lampiran
1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar