RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan :
MI Nurul Ulum Gadungan
Kelas/
Semester : IV/ 1
Tema/
Subtema :
Indahnya Kebersamaan (1) / Keberagaman
Budaya Bangsaku (1)
Pembelajaran
Ke : 1
Alokasi
waktu : 1 hari (4 x 30
menit)
A. Kompetensi
Inti
1. Kompetensi
Inti (KI) 1:
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama
yang dianutnya.
2. Kompetensi
Inti (KI) 2:
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3. Kompetensi
Inti (KI) 3:
Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4. Kompetensi
Inti (KI) 4:
Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian
Bahasa
Indonesia
|
|
Kompetensi
Dasar:
|
|
3.1
4.1
|
Menggali
informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi
panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Mengamati, mengolah,
dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak,
energi
panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku
|
Indikator:
|
|
o
Mengolah informasi dari teks “Mengenal Suku Minang” dalam
bentuk peta pikiran
|
SBdP
|
|
Kompetensi
Dasar:
|
|
3.3
4.5
|
Membedakan
panjang-pendek bunyi, dan tinggi-rendah nada dengan gerak tangan Menyanyikan
lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada
|
Indikator:
|
|
o
Menyanyikan lagu “Aku Anak Indonesia
“ dengan tinggi rendah nada yang sesuai
|
PPKn
|
|
Kompetensi
Dasar:
|
|
3.4
4.3
4.4
|
Memahami arti bersatu
dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat
Bekerja sama dengan
teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat
Mengelompokkan
kesamaan identitas suku bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat,
makanan khas, dan upacara adat), sosial ekonomi (jenis pekerjaan orang tua)
di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
|
Indikator:
|
|
o
Menjelaskan keberagaman yang ada
di Indonesia dalam bentuk tulisan
o
Menjelaskan ciri khas suku Minang
dalam bentuk peta pikiran
o
Menuliskan contoh perilaku
sebagai bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia
|
IPS
|
|
Kompetensi
Dasar:
|
|
3.5
4.5
|
Memahami manusia
dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
Menceritakan manusia
dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
|
Indikator:
|
|
o
Menjelaskan sikap yang harus
ditunjukkan untuk menghormati keberagaman dalam bentuk tulisan
|
C. Tujuan
Pembelajaran
1. Setelah
mengamati gambar dan diskusi kelas, peserta didik mampu menjelaskan keberagaman
yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan dengan benar.
2. Setelah
membaca teks “Mengenal Suku Minang”, peserta didik mampu mengolah informasi
dalam bentuk peta pikiran dengan benar.
3. Setelah
mencari informasi keragaman teman sekelasnya dan berdiskusi, peserta didik
mampu menjelaskan sikap yang harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman
dalam bentuk tulisan dengan benar.
4. Setelah
bernyanyi dan berdiskusi, peserta didik mampu menuliskan contoh perilaku
sebagai bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia dengan benar.
5. Setelah
bernyanyi dan berdiskusi, peserta didik mampu membedakan tinggi rendah notasi
yang sesuai.
D. Materi
Pembelajaran
Keberagaman budaya Indonesia, mengenal suku Minang,
menghargai keberagaman
E. Metode
Pembelajaran
Pendekatan saintifik, diskusi
F. Media,
Alat/Bahan, dan Sumber Pembelajaran
Media:
Peta budaya (ada pada buku peserta didik), teks lagu “Aku Anak Indonesia”
G. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
o
Guru memberi salam
o
Salah satu peserta didik memimpin
doa bersama
o
Guru mengabsen peserta didik
o
Guru menyampaikan tema, subtema,
dan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari
|
10
menit
|
Inti
|
Mengamati
o
Peserta didik mengamati peta
budaya perbedaan pakaian adat, rumah adat, tarian adat, dan alat musik
tradisional
o
Peserta didik membaca teks
“Mengenal Suku Minang”.
o
Guru menunjukkan cara menyanyikan
lagu “Aku Anak Indonesia” sesuai dengan notasi lagu dan tinggi rendah nada.
Menanya
o
Untuk membangkitkan rasa ingin
tahu peserta didik terhadap materi yang akan dipelajari, guru memberikan
pertanyaan klasikal sebagai berikut:
-
Tahukah amu bahwa Indonesia
terdiri atas banyak pulau, suku bangsa, tarian, rumah adat, serta agama?
-
Apakah setiap daerah di Indonesia
memiliki ciri khusus yang sama?
Eksplorasi/
Eksperimen
o
Peserta didik menjawab pertanyaan
yang ada pada buku peserta didik
o
Peserta didik mengambil informasi
penting dari teks yang dibacanya dan menuliskannya dalam bentuk peta pikiran
(penilaian no. 1)
o
Peserta didik mendiskusikan
jawaban tentang peta pikiran secara berkelompok (penilaian no. 3)
o
Peserta didik mencari asal-usul
daerah teman-temannya di kelas melalui kegiatan bertanya-jawab tentang suku,
agama, dan ciri khas daerah masing-masing. Ciri khas daerah dapat dilihat
dari berbagai sisi (bangunan, pakaian, rumah adat, bahasa, upacara adat, dan
lain-lain)
o
Peserta didik mendiskusikan isi
dan makna lagu “Aku Anak Indonesia” dalam kelompoknya
Mengasosiasi
o
Peserta didik membuat kesimpulan
dari tabel hasil wawancara. Guru membantu peserta didik dengan mengajukan
pertanyaan yang ada pada buku peserta didik
o
Peserta didik mengisi tabel
tentang sikap yang berkaitan dengan keberagaman. (penilaian no. 2)
o
Peserta didik bernyanyi bersama
(penilaian no. 4)
Mengkomunikasikan
o
Setiap kelompok berpresentasi di
depan kelas
o
Semua peserta didik menceritakan
alasan mengapa harus bangga menjadi anak Indonesia
o
Peserta didik juga menuliskan
perilaku yang menunjukkan rasa bangga menjadi anak Indonesia
o
Peserta didik menunjukkan
tulisannya kepada seorang teman
|
90
menit
|
Penutup
|
o
Peserta didik diberi penguatan tentang pentingnya
memiliki kebanggaan menjadi anak Indonesia
o
Peserta didik menjawab pertanyaan perenungan yang
ada pada buku peserta didik
o
Guru memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah
diikuti
o
Guru menyampaikan tugas
“Kerjasama dengan orangtua”
o
Guru menginformasikan rencana
kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
o
Guru dan peserta didik berdoa
bersama
|
20
menit
|
H. Penilaian
Penilaian
1
Daftar
periksa untuk peta pikiran. (Bahasa Indonesia)
No.
|
Nama
|
Pepik
rumah
adat
|
Pepik bahasa
|
Pepik alat musik tradisional
|
Pepik makanan tradisional
|
Pepik
tarian tradisional
|
1
|
Adinda
Hidayatur R
|
|
|
|
|
|
2
|
Moh
Bahtiyar Rifa’i
|
|
|
|
|
|
3
|
Much
Zainul Abror
|
|
|
|
|
|
4
|
Syaida
Ba’isatul U
|
|
|
|
|
|
Ø Tulis
angka 1 jika peserta didik sudah mampu mengemukakan peta pikiran (pepik rumah
adat, bahasa, alat musik tradisional, makanan tradisional, dan tarian
tradisional)
Ø Tulis
angka 0 jika peserta didik belum mampu mengemukakan peta pikiran (pepik rumah
adat, bahasa, alat musik tradisional, makanan tradisional, dan tarian
tradisional)
Penilaian
2
Daftar
periksa untuk sikap menunjukkan keberagaman. (IPS dan PPKn)
No.
|
Nama
|
Menuliskan 5 sikap menghargai keberagaman
|
Menuliskan 5 sikap
tidak
menghargai keberagaman
|
1
|
Adinda
Hidayatur R
|
|
|
2
|
Moh
Bahtiyar Rifa’i
|
|
|
3
|
Much
Zainul Abror
|
|
|
4
|
Syaida
Ba’isatul U
|
|
|
Ø Tulis
angka 1 jika peserta didik sudah mampu menuliskan 5 sikap menghargai
keberagaman/ 5 sikap tidak menghargai keberagaman
Ø Tulis
angka 0 jika peserta didik belum mampu menuliskan 5 sikap menghargai
keberagaman/ 5 sikap tidak menghargai keberagaman
Penilaian
3
Rubrik
Diskusi
Kriteria
|
Bagus sekali
|
Cukup
|
Berlatih lagi
|
Mendengarkan
|
Selalu mendengarkan teman yang sedang
berbicara
(3)
|
Mendengarkan teman
yang berbicara namun
sesekali masih perlu diingatkan
(2)
|
Masih perlu diingatkan untuk
mendengarkan teman yang sedang berbicara
(1)
|
Komunikasi nonverbal (kontak mata,
bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)
|
Merespons dan menerapkan komunikasi nonverbal
dengan tepat
(3)
|
Merespons dengan tepat terhadap
komunikasi
nonverbal yang
ditunjukkan teman
(2)
|
Membutuhkan
bantuan dalam
memahami bentuk
komunikasi nonverbal
yang ditunjukkan
teman
(1)
|
Partisipasi
(menyampaikan
ide, perasaan,
pikiran)
|
Isi pembicaraan
menginspirasi
teman.
Selalu mendukung dan
memimpin lainnya saat
diskusi
(3)
|
Berbicara dan
menerangkan secara
rinci, merespons
sesuai
dengan topik
(2)
|
Jarang berbicara
selama proses diskusi
berlangsung
(1)
|
Keruntutan
berbicara
|
Menyampaikan
pendapatnya secara
runtut dari awal
hingga
akhir
(3)
|
Menyampaikan
pendapatnya secara
runtut, tetapi belum
konsisten
(2)
|
Masih perlu berlatih
untuk berbicara
secara runtut
(1)
|
Catatan : Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria.
Penilaian :
total nilai x 10
12
No.
|
Nama
|
Mendengarkan
|
Komunikasi
nonverbal
|
Partisipasi
|
Keruntutan
berbicara
|
1
|
Adinda
Hidayatur Rohmah
|
|
|
|
|
2
|
Moh
Bahtiyar Rifa’i
|
|
|
|
|
3
|
Much
Zainul Abror
|
|
|
|
|
4
|
Syaida
Ba’isatul Ummami
|
|
|
|
|
Penilaian
4
Daftar
periksa untuk menyanyi. (SBdP)
No.
|
Nama
|
Bernyanyi sesuai dengan intonasi yang benar
|
Bernyanyi sesuai dengan
tinggi
rendah nada
|
1
|
Adinda
Hidayatur R
|
|
|
2
|
Moh
Bahtiyar Rifa’i
|
|
|
3
|
Much
Zainul Abror
|
|
|
4
|
Syaida
Ba’isatul U
|
|
|
Ø Tulis
angka 1 jika peserta didik sudah mampu menyanyi sesuai dengan intonasi yang
benar, tinggi rendah nada
Ø Tulis
angka 0 jika peserta didik belum mampu menyanyi sesuai dengan intonasi yang
benar, tinggi rendah nada
Penilaian 5
Penilaian Sikap
(peduli, percaya diri, dan rasa ingin tahu).
No.
|
Nama
|
Peduli
|
Percaya diri
|
Rasa ingin tahu
|
Keterangan
|
1
|
Adinda
Hidayatur R
|
|
|
|
|
2
|
Moh
Bahtiyar R
|
|
|
|
|
3
|
Much
Zainul Abror
|
|
|
|
|
4
|
Syaida
Ba’isatul U
|
|
|
|
|
Tulis
angka 3 jika sikap tersebut sudah terlihat/ membudaya pada diri peserta didik
Tulis
angka 2 jika sikap tersebut mulai berkembang pada diri peserta didik
Tulis
angka 1 jika sikap tersebut mulai terlihat pada diri peserta didik
Tulis
angka 0 jika sikap tersebut belum terlihat pada diri peserta didik
I. Rencana
Tindak Lanjut (RTL)
Pengayaan
Peserta didik dapat mencari tambahan informasi
tentang keberagaman di Indonesia melalui internet, koran, narasumber, atau
majalah.
Remedial
Kegiatan remedial diberikan kepada peserta didik
yang masih memiliki kesulitan dalam memahami peta pikiran. Kegiatan ini dapat
dilakukan secara kelompok atau individu selama 30 menit.
Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan.
1.
Beri peserta didik peta pikiran kosong.
2.
Mintalah peserta didik menuliskan topik
yang akan dibahas di lingkaran tengah.
3.
Bimbing peserta didik untuk membahas
subtopik di setiap lingkaran dengan mengajukan pertanyaan pengarah.
Kepala Madrasah
Juni Arifin, S.Pd.
|
Gandusari, Juli 2014
Guru Kelas IV
Siti Fatimah, S.Pd.I.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar